Sabtu, 20 November 2010

Korowai dan Kombai Suku Kanibal asal Papua

Tinggi di atas tanah sebuah hutan, jauh di hutan dataran rendah berawa Papua, rumah pohon menyapa mata penjelajah dari penjuru dunia. Rumah pohon di ketinggian lebih dari 80 kaki di atas tanah. Ini adalah konstruksi rumah Kombai dan tetangga Korowai, suku yang menghiasi tubuh mereka dengan tulang dan masih menghitung kanibalisme di antara adapt mereka

Rumah pohon yang dibangun dengan kayu yang diambil dari hutan sekitar tempat tinggal yang ingin mereka bangun dengan menggunakan kapak yang terbuat dari batu. Rumah ini melindungi diri dari panas dan serangga di bawah hutan belantara, melindungi mereka pula dari banjir yang menghadang ketika musim hujan. Selain itu rumah ini memiliki fungsi yakni sebagai benteng tempat berlindung ketika terjadi konflik antar suku.

Korowai dan Kombai merupakan kelompok etnis yang berbeda, masing-masing dengan bahasa mereka sendiri, tetapi mereka melakukan untuk mengelola dan juga berbagi praktek-praktek budaya yang mirip. Mereka terampil berburu, orang yang berburu mangsa termasuk kasuari dan babi hutan. Suku ini masih dalam perdagangan benda seperti tulang perhiasan dan pisau, dan mungkin baru diperkenalkan kepada logam dan ide pakaian di tahun 1970-an, ketika pertama misionaris tiba. Alat-alat seperti bambu yang tajam digunakan untuk mengiris daging, kerang untuk menampung air, dan air panas di batu tempat memasak.

Kanibalisme juga hal yang umum dalam sejarah kedua suku Kombai dan Korowai. Untuk Kombai, hal ini merupakan salah satu bentuk hukuman kesukuan, hanya dengan orang yang diidentifikasi sebagai dukun, dibunuh dan dimakan oleh masyarakat sebagai persembahan untuk jiwa dimakan oleh terdakwa. Kanibalisme penting dalam dunia gaib, mirip kepercayaan untuk Korowai dan mungkin juga telah dilakukan sebagai bagian dari sistem peradilan pidana mereka. Sepertinya pohon tidak dipercaya pada alam kematian, tetapi kematian yang disebabkan oleh sihir - juga diyakini menjadi penyebab perang antar suku.

Babi dalam budaya suku Kombai dan Korowai digunakan dalam penyelesaian sengketa-antara keluarga, dan juga dikorbankan dalam kompleks ketika upacara dengan membiarkan darah mereka ke dalam sungai sebagai korban ke salah satu dewa. Babi berperan dalam kehidupan agama Korowai juga yang diisi dengan semua jenis roh - di atas semua roh leluhur mereka yang dikorbankan adalah binatang pada saat kesulitan.

Pesta adat yang lebih baik dinikmati oleh Korowai dan Kombai adalah makan dari Sagu, makanan lain yang lezat adalah tempayak dari kumbang Capricorn, yang merupakan hasil panenan dari pohon sagu.

Ungkapan untuk suku Kombai, orang asing sendiri yang menyebutnya sebagai hantu, namun demikian hantu itu sendiri pernah menjadi sebuah kenyataan konkret sebagai film petualangan dan membuat wisatawan merasa keberadaanya di wilayah mereka. Tradisi ini menjadi daya tarik wisatawan asing untuk berkunjung.

sumber: http://www.dalimunthe.com/2010/04/korowai-dan-kombai-suku-kanibal-asal.html

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More